...
laptop lemot
image source: arenalaptop.com

Tips Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Mudah 2021

Tips Mengatasi Laptop Lemot – Laptop berjalan lambat tentu terkadang membuat anda emosi dan kesal ditambah dengan banyak pekerjaan yang mesti diselesaikan dengan cepat atau deadline yang semakin mendekat. Oleh karena itu anda pasti bertanya tanya bagai mana cara mengatasi laptop lemot agar menjadi cepat bukan? namun mesti diketahui ada dua penyebab laptop lemot, bisa jadi dikarenakan permasalahan software ataupun hardware, nah inilah beberapa rekomendasi dari kami untuk mempercepat kinerja laptop anda:

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Jika Bermasalah Pada Software

Update OS anda

Update OS bisa menjadi salah satu solusi dalam permasalahan software yang dapat membuat laptop anda lemot, dan dengan mengupdate OS pada laptop anda mungkin saja dapat memperbaiki kinerja laptop anda menjadi lebih cepat. Perlu diketahui juga bahwa update OS selalu berkaitan dengan pembaruan aplikasi atau pembaruan sistem dari OS tersebut, jadi dengan mengupdatenya error error yang terjadi akibat perangkat lunak yang terlalu lama dapat diatasi.

Bersihkan Cache Laptop Anda

Anda dapat membersihkan cache laptop anda secara manual melalui fitur tun pada windows, pertama tama tekan tombol Windows + R  dan ketik %temp% pada fitur tun tersebut, lalu hapus cache di dalamnya. Atau jika ingin menjadi lebih praktis anda dapat meng unduh aplikasi CC cleaner secara gratis disini. CC cleaner juga menawarkan versi berbayar sebagai opsi jika anda ingin mendapatkan fitur lebih dari free version.

Kurangi Startup Saat Laptop Anda Menyala

Dengan mengurangi start up saat laptop anda menyala, tentunya sistem oprasi anda akan menjadi lebih ringan saat booting dikarenakan beban saat booting dikurangi dengan menonaktifkan start up. Untuk mengatur Start up anda dengan mudah cukup membuka Task Manager kemudian pilih Startup dan didalamnya ada banyak pilihan aplikasi yang dapat anda perkenankan ataupun tidak untuk membersamai mulainya sistem oprasi anda.

Update Berkala Aplikasi

Mengupdate aplikasi secara berkala tentu dapat bermanfaat dalam mengatasi lambat/lemot pada laptop anda, karena penyedia aplikasi selalu rutin meng-update aplikasinya agar selaras dengan OS yang paling baru. Oleh karena itu disarankan untuk selalu mengupdatenya secara berkala.

Jika Bermasalah Pada Hardware

Upgrade HDD anda Menjadi SSD

Tak dapat dipungkiri saat ini SSD menjadi primadona dalam masalah kecepatan pada laptop laptop terkini, perbedaan HDD dengan SSD tentunya sangat signifikan, kecepatan yang di tawarkan oleh SSD jauh lebih baik dibanding HDD. Namun perlu diketahui, jika anda memiliki laptop versi lama sebaiknya anda cek terlebih dahulu apakah laptop tersebut support SSD atau tidak, karena sebagian laptop yang sudah berumur tidak mensupport penggunaan SSD.

Menambahkan RAM

Ram sangat berpengaruh pada kinerja suatu laptop, semakin cukup ram yang dibutuhkan semakin baik kinerja laptop tersebut.
saat ini standar ram yang dianjurkan adalah sebesar 8GB, namun pastikan sebelum meng upgrade ram browsing terlebih dahulu untuk mengetahui ram yang cocok untuk laptop anda, karena setiap generasi memiliki kecepatan yang berbeda, dan jika ram yang terpasang tidak cocok dengan laptop anda, tentu ini membuat anda rugi dan bahkan dapat menyebabkan error pada laptop anda.

Bersihkan Kipas Dan Re-Paste Thermal Paste 

Setiap laptop tentunya memiliki kipas untuk mengatasi overheating saat menjalankan aplikasi yang berat, nah karena mungkin tidak kerasa anda sudah menggunakanya cukup lama dan lupa untuk mebersihkan kipas laptop yang mulai berdebu. Akibat yang dapat dilihat dari berdebunya kipas adalah dengan melambatnya kinerja kipas saat berputar dan mendinginkan prosesor dan kartu grafis.

Re Paste Thermal paste juga tak kalah penting, karena dengan mengganti thermal paste yang kering dengan yang baru dapat menghasilkan kinerja yang cukup memuaskan. Terkhusus bagi laptop yang sudah lama digunakan namun belum pernah diganti thermal paste atau di re-paste ulang.

Demikian Tips Mengatasi Laptop Lemot yang dapat kami rekomendasikan kepada anda, semoga bermanfaat!

[irp posts=”590″ name=”Tips Mempercepat Kinerja Windows 10 supaya tidak Lemot”]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *