...
kesehatan jantung dengan berlari
image source: pixabay.com

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung – Cara menjaga kesehatan jantung penting untuk diketahui semua orang. Pasalnya, banyak yang mengidap penyakit jantung bukan hanya karena faktor usia. Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi sumber penyakit jantung.

Mengutip Jantung, mencegah penyakit jantung (dan semua penyakit kardiovaskular) berarti membuat pilihan cerdas yang akan memberikan sebuah hasil seumur hidup. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara Menjaga Kesehatan Jantung, Anda bisa menerapkan cara sehat berikut ini.

 

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Penuhi Kebutuhan Cairan Dengan Banyak Minum Air Putih

Dehidrasi akan mempengaruhi kerja jantung. Jika tubuh Anda mengalami dehidrasi, jumlah darah akan berkurang dan alirannya akan melambat. Oleh karena itu, Anda harus banyak minum air putih. Selain air putih, Anda juga dapat minum jus buah atau sayuran segar untuk menunjang kerja jantung.

Tidur Yang Cukup Dan Berkualitas

Kurang tidur tidak hanya membuat Anda menguap sepanjang hari, tetapi juga membahayakan kesehatan Anda. Orang yang kurang tidur mempunyai suatu risiko lebih tinggi mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes, dan depresi. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7 sampai 9 jam tidur setiap malam. Ini adalah cara lain untuk menjaga kesehatan jantung yang tidak kalah pentingnya.

Menjaga Berat Badan Ideal

Obesitas merupakan faktor risiko yang dapat dimodifikasi untuk penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, Anda harus menjaga berat badan Anda supaya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Caranya adalah dengan mengatur pola dan porsi makan setiap hari. Makan makanan bergizi rendah kalori dan kurangi makanan tinggi garam. Padukan juga dengan aktivitas fisik setiap hari agar lemak tubuh tidak menumpuk.

Berolahraga Secara Teratur Dan Tetap Aktif

Olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta menjaga berat badan yang sehat. Jika Anda malas bergerak, risiko obesitas, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular lebih tinggi. Jadi, berolahragalah secara teratur, minimal 30 menit sehari, minimal 5 hari seminggu.

Kelola Dan Atasi Stres

Stres merupakan hal yang wajar terjadi dan bisa dialami oleh setiap orang. Namun, jika stres berlebihan dan terjadi dalam waktu lama, dapat mempengaruhi kerja jantung. Saat Anda sedang stres, tubuh Anda memproduksi adrenalin. Hormon ini membuat jantung bekerja lebih keras. Akibatnya, dalam jangka panjang tekanan darah bisa meningkat dan berpotensi menimbulkan berbagai masalah jantung.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok juga harus dihentikan demi kesehatan jantung. Bagian pencegahan ini sangat perlu diperhatikan, karena bukan hanya perokok yang berisiko, tetapi juga perokok pasif atau orang-orang di sekitar yang akan menghirup asap rokok secara tidak sengaja.

Bahkan bisa jadi perokok pasif lebih berisiko dibandingkan perokok aktif, jadi cobalah untuk menjauhi asap rokok di sekitar kita. Hal ini terjadi karena zat racun dalam rokok dapat merusak pembuluh darah jantung, yang akan membuat darah mengalir dalam waktu yang lama. menjadi terganggu karena kekurangan nutrisi dan oksigen.

Selalu Menjaga Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

Selain menimbulkan dampak bahaya diabetes, kadar gula darah yang tidak terkontrol juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena gula darah tinggi dapat merusak saraf dan pembuluh darah, yang mengontrol jantung.

Dengan begitu, upaya menjaga kadar gula darah bisa dimulai dengan mengurangi asupan gula, kemudian mengganti nasi putih dengan nasi merah. Selalu ingat juga untuk selalu memeriksakan kadar gula darah secara rutin, terutama bagi Anda atau keluarga yang berusia di atas 45 tahun.

Demikian ulasan tentang Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *